Ujang Sumarwan.
2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.
Edisi 2
Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
|
Kuliah Perilaku
Konsumen Feb – Juni 2014
Dosen:
Prof Dr Ir
Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik
Noor Yuliati, MFSA
Ir. MD
Djamaluddin, MSc
Ir.
Retnaningsih, MS
Catatan Kuliah Pertama
Saya Azfar Reza Muqafa mahasiswa Departemen ekonomi sumberdaya dan
Lingkungan, Fakultas Ekonomi
Menejemen, Institut Pertanian Bogor.
Pada hari senin, 24 Februari 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku
Konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di
bidang konsumen, yaitu Dr. Ir. Lilik
Noor
yuliati, MFSA.
Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang
mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang
lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering
kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang.
Untuk saat ini pasar internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku
dan selera.
Dalam hal ini juga ada faktor yang sangat
mempengaruhi konsumen dalam membeli produk barang maupun jasa yaitu motivasi
dan kebutuhan, Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen, kebutuhan muncul
karena konsumen merasakan ketidaknyaman antara yang seharusnya dirasakan dan
yang sesungguhnya dirasakan.
Seorang konsumen harus memiliki tujuan dan
tindakan untuk memenuhi kebutuhan, dimana dengan adanya tujuan yang akan di
capai akan lebih jelas, karena tujuan juga memliki dua tipe yaitu Generic goals (tujuan general) dan Specific
product goals (tujuan yang spesifik), adapun salah satu contoh tujuan dalam
hal prilaku konsumen seperti tujuan dalam hal kebutuhan menerut maslow kebutuhan konsumen bisa
dikatagorikan sebagai: Aktualisasi diri, kebutuhan ego, kebutuhan sosial,
kebutuhan rasa aman, dan kebutuhan fisiologis.
Adapun pengertian kebutuhan-kebtuhan yang
di katagorikan sebagai berikut:
1. Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan tubuh
manusia untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan tersebut meliputi air, udara, rumah,
pakaian, dan seks.
2. Kebutuhan rasa aman adalah kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan dasar.
Ini merupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia.
3. Kebutuhan sosial, manusia membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa
memiliki dan dimiliki, serta diterima oleh orang-orang sekelilingnya.
4. Kebutuhan ego adalah kebutuhan untuk berprestasi sehingga mencapai
derajat yang lebih tuinggi dari yang lainnya.
5. Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu berhubungan dengan keinginan dari seorang
individu untuk menjadikan dirinya sebgai orang yang terbaik sesuai dengan
potensi dan kemampuan yang dimilikinya.
6. Kebutuhan sukses adalah kenginan manusia untuk mencapai prestasi,
reputasi, dan kariri yang baik. Kebutuhan sukses memiliki kesamaan dengan
kebutuhan ego dan kebutuhan aktualisasi dari teori maslow. Dll.
Dalam prilaku konsumen ada dua
aplikasi penting dari teori motivasi adalah segmentasi dan positioning
·
Segmentasi: produk atau jasa yang
dipasarkan dapat, diarahkan untuk target pasar berdasrkan tingkat kebutuhan.
·
Positioning: citra produk atau
jasa yang ingin dilihat oleh konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar